Gendongan Aman untuk Bayi Usia 4 Bulan

Kain Gendongan Aman untuk Bayi Usia 4 Bulan

 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak ibu memiliki kain gendongan, seperti gendongan pelukan. Alat ini dimanfaatkan sebagai pengganti kereta bayi, memudahkannya saat ingin menyusui, dan tetap dekat dengan bayi saat mereka melakukan berbagai kegiatan. Ternyata, pertimbangan keselamatan harus diputuskan secara matang terkait kain gendongan.


MENGGENDONG bayi, bentuk pengasuhan untuk Moms yang ingin memperkuat ikatan dengan buah hati, perlu mendapat perhatian khusus. Tak sedikit laporan tentang kematian akibat kain gendongan bayi yang menyebabkan bayi sesak napas.
Baru-baru ini, kain gendongan bermerek SlingRider dan Wendy Bellissimo ditarik dari peredaran pasar. Bagi para pemilik kain gendongan tersebut harus segera berhenti menggunakannya. Tetapi Komisi Keamanan Produk Konsumen (Consumer Product Safety Commission/CPSC) merekomendasikan bahwa orangtua harus ekstra hati-hati ketika menggunakan gendongan apapun dengan bayi di bawah usia 4 bulan.

"CPSC memeringatkan Anda harus ekstra hati-hati dengan bayi prematur, kembar, dalam kesehatan rapuh, atau yang memiliki berat badan lahir rendah," kata Rebecca Felsenthal Stewart, editor berita kesehatan majalah Parents. "Sebelum mereka dapat menggerakkan kepala mereka sendiri, wajah mereka bisa terbenam di kain dan diam-diam tercekik," tambahnya.

Bayi berusia lebih muda yang tidak memiliki otot-otot leher untuk mendukung kepala mereka mungkin juga merosot ke posisi meringkuk, di mana dagu mereka membungkuk ke arah dada hingga membatasi aliran udara.

"Anda masih dapat menggunakan gendongan bayi, tapi harus berhati-hati," kata Stewart Felsenthal.

Alan Korn, direktur eksekutif  safekids.org, turut memeringatkan. "Aku punya kepedulian dengan penggunaan gendongan, bahkan melampaui usia 4 bulan, mengingat anak-anak berkembang pada tahap dan kemampuan fisik yang berbeda," katanya.

Gejala bahaya




Ada tanda bahaya yang bisa Anda lihat kalau bayi bermasalah dengan kain gendongannya. "Jika Anda tidak merasakan gerakan kecil dari lengan dan kaki, atau dinding dada masuk dan keluar, periksa keadaan bayi. Juga, lihatlah warna bayi secara berkala,” kata dokter anak Alanna Levine.

Bayi dalam keadaan normal jika warna kulitnya pink. Dan jika warnanya berubah kebiru-biruan, terutama di sekitar mulut dan bibir, berarti ada sesuatu yang tidak beres. Levine menambahkan, untuk bayi prematur, bicarakan dengan dokter Anda sebelum menggunakan gendongan.

0 komentar:

Posting Komentar