Ucapan Selamat Hari Ibu & Puisi Ibu untuk Hari Ibu Tanggal 22 Desember

Setiap tanggal 22 desember ditetapkan sebagai hari ibu (Mother day), Dari mulai mengandung dan melahirkan bayi, Ibu adalah sosok wanita yang sangat mulia yang telah melahirkan manusia dan merawat anaknya dengan ikhlas sabar dan penuh kasih sayang.

Kata-kata ucapan Hari Ibu & Puisi Ibu karya Chairil Anwar (1922 – 1949) sangat pas diberikan ke sosok orang yang kita sayangi, yang telah melahirkan kita di momen Hari Ibu, 22 Desember 2013. Masterpiece pujangga sastra ini sangat menyentuh hati. Membuat yang membaca berkaca-kaca karena kata-katanya yang miris dan sangat dalam.

Hari Ibu adalah hari peringatan dan perayaan untuk mengapresiasi bagaimana peran seorang ibu dalam keluarga. Peran ini tak hanya sebatas pada anak, suami, namun juga di lingkungan sekitar. Ada sebuah tradisi yang biasanya dilakukan di Hari Ibu.

Contoh sederhana yakni budaya membebastugaskan segala pekerjaan atau rutinitas harian yang dilakukan oleh ibu di rumah. Misalkan saja memasak, merawat anak dan rumah, atau segala aktivitas rumah tangga lainnya.

Berikut kata Ucapan Selamat Hari Ibu untuk Ibunda tercinta:
    Seorang Ibu, adalah dia yang mengerti apa yang seorang anak katakan. Dan terima kasih untuk semua itu.
    Dengan seorang ibu kita bisa tau gemana caranya makan. Jalan dsb. Dan bisa tau enak dan nggak enak, dan diajari mana yng salah dan benar, sedangkan seorang ayah mengajari gemana caranya berjuang untuk hidup.

    Ibu akan berbohong demi anaknya untuk memastikan kita tenang dan bahagia padahal kita tau betapa berat beban yang dia tanggung. Jika ada kata yang lebih dari terima kasih saya ingin mengucapkannya Bu. Selamat Hari Ibu

    Jika saya tidak pernah mengucapkan terima kasih karena telah membawa saya ke dunia, saya ingin melakukan itu sekarang. Terima kasih, Selamat Hari Ibu

    Jika ada hari untuk segala sesuatu yang telah diberikan Ibu kepada saya sebagai seorang ibu, itu akan menjadi Hari Ibu setiap hari.

    Menjadi seorang ibu penuh waktu adalah salah satu pekerjaan bergaji tertinggi … karena pembayaran adalah cinta murni.

    Jangan pernah menikahi seorang pria yang membenci ibunya, karena dia akan berakhir membenci Anda.

Hari Ibu dirayakan di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. Di negara-negara lain, di Amerika Serikat dan 75 negara lainnya, Hari Ibu juga diperingati dengan nama Mother’s Day pada hari Minggu pekan kedua di bulan Mei. Sedangkan di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati tiap tanggal 8 Maret.

Berikut puisi Ibu karya Chairil Anwar, yang sangat pas bila diberikan atau dibacakan ke sosok ibu kita tercinta di momen spesial Hari Ibu, tanggal 22 Desember 2013 yang kebetulan jatuh pada esok hari.

    “Pernah aku ditegur

    Katanya untuk kebaikan

    Pernah aku dimarah

    Katanya membaiki kelemahan

    Pernah aku diminta membantu

    Katanya supaya aku pandai”

   
    “Ibu,

    Pernah aku merajuk

    Katanya aku manja

    Pernah aku melawan

    Katanya aku degil

    Pernah aku menangis

    Katanya aku lemah”

   
    “Ibu,

    Setiap kali aku tersilap

    Dia hukum aku dengan nasihat

    Setiap kali aku kecewa

    Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat

    Setiap kali aku dalam kesakitan

    Dia ubati dengan penawar dan semangat

    Dan Bila aku mencapai kejayaan

    Dia kata bersyukurlah pada Tuhan”

    
    “Namun,

    Tidak pernah aku lihat air mata dukamu

    Mengalir di pipimu

    Begitu kuatnya dirimu”

    
    “Ibu,

    Aku sayang padamu

    Tuhanku

    Aku bermohon padaMu

    Sejahterakanlah dia

    Selamanya”

0 komentar:

Posting Komentar