Gendongan bayi Hanaroo





Bagi  pasutri mempunyai buah hati adalah dambaan dalam berumah tangga apalagi pasangan muda tentu sangat mengharapkan kehadiran momongan atau bayi
Gendongan bayi mungkin hanya selembar kain yang digunakan untuk menggendong bayi saat menangis atau membawa bayi jalan-jalan keluar.  Akan tetapi dari sehelai kain tersebut memiliki kualitas waktu antara ibu dan anak.  Ada mitos yang mengatakan bahwa bayi tidak boleh terlau sering untuk digendong karena akan merubah sifatnya menjadi manja dan penakut, tetapi berdasarkan penelitian menggendong bayi memberikan manfaat yang sangat banyak dan baik, yaitu: 
  • Mengajarkan bayi mengenai interaksi: Dengan menggendong bayi, bayi dapat mudah mendengarkan ibunya berbicara dengan orang lain, merasakan emosi yang  tercipta, dapat melihat ekspresi wajah ibunya.
  • Membantu perkembangan keseimbangan bayi: Sensor keseimbangan terdapat pada telinga, dengan sering membelai dan mengajak bayi bercanda dapat membantu stimulasi perkembangan motorik bayi.
  • Meningkatkan kemampuan berbicara bayi: Pada saat bayi dalam gendongan ibu, ibu kerapkali bercengkerama dan bernyanyi, kegiatan ini dapat memancing bayi meniru yang dilakukan ibunya sehingga dapat mempercepat kemampuan bayi berbicara.
Gendongan bayi konvensional hanyalah selembar kain yang disampirkan di pundak ibunya, kemudian meletakan bayi di depan tubuh ibunya kemudian disilangkan dan dibuat simpul. Kelebihan gendongan kain adalah mudah saat dibawa karena dapat dilihat kemudian dimasukkan kedalam tas, akan tetapi dalam mengikat simpul gendongan bayi ini perlu latihan beberapa kali agar bayi mendapatkan posisi yang nyaman, jika posisinya terlalu tinggi atau rendah bayi akan cepat rewel, ibu juga cepat merasa sakit pundak karena beban hanya tertumpu pada satu pundak. Menjawab tantangan tersebut, produsen perlengkapan bayi baru lahir membuat inovasi dengan membuat beberapa model dan jual gendongan bayi diantaranya:
  • Model tas ransel: Gendongan bayi yang menyerupai tas ransel dimana bayi berada di punggung  yang dilengkapi dengan kursi, sehingga bayi dapat dengan nyaman menikmati perjalanan bersama orang tuanya. Model gendongan bayi ini cocok digunakan untuk bayi yang berumur 6 bulan keatas.
  • Model sling : Gendongan bayi ini mirip dengan gendongan yang terbuat dari kain, akan tetapi telah ditambahkan pengait khusus, sehingga ibu dapat dengan mudah menyesuaikan posisi nyaman bayi .
  • Model kanggaru : Gendongan bayi ini terinpirasi dari kanggaru yang menggendong bayinya di depan, model ini banyak dipilih ibu karena posisi bayi yang berada di depan membuat ibu lebih mudah dalam mengawasinya, beban berada di dua pundak berbeda dengan dengan model sling dimana seluruh beban berada disatu pundak sehingga cepat membuat capek. Kelebihan lainnya adalah saat menyusui , ibu dapat mengganti posisi bayi menjadi menghadap ke ibu dan dapat menutupi saat menyusui.
Dalam menentukan tipe gendongan bayi yang tepat, ibu harus membaca terlebih dahulu  mengenai umur dan berat badan bayi. Karena selain focus pada kenyamanan bayi, ibu juga harus memprioritaskan keselamatan bayi.  Karena kesalahan dalam memilih kualitas gendongan bayi akan berakibat fatal bagi bayi.  Usahakan untuk tetapi menjaga kepala bayi berada diluar kain gendongan untuk menghindari sesak napas bayi.  Hal ini sempat terjadi di Amerika, dimana perusahaan perlengkapan bayi harus menarik produknya karena berbahaya yang dapat membuat bayi sesak napas, akan tetapi diluar kekhawatiran tersebut, gendongan bayi diciptakan untuk mengurangi bayi rewel dan membantu ibu melakukan aktivitas rutin tanpa harus meninggalkan bayi sendirian di tempat tidurnya. Kecermatan dan ketelitian merupakan kunci utama dalam memilih gendongan bayi hanaroo baby wraps.

0 komentar:

Posting Komentar