Tips memilih gendongan bayi

Tips memilih gendongan bayi
 
Dewasa ini, ada berbagai macam gendongan kain bayi dengan beragam bahan dan warna yang berbeda, mulai dari katun yang kaku, sampai kain sutera yang lembut. Apakah gendongan itu untuk digunakan sehari-hari atau untuk acara khusus; atau model sling dengan warna yang cocok untuk setiap gaya busana Anda, Anda bebas memilih, sesuai dengan kepribadian Anda.



Menurut the Baby Book, bayi yang digendong :
  • Lebih Jarang Menangis ! keseluruhan 43% dan 54% selama jam malam.
  • Lebih Sehat! Berat badan meningkat lebih cepat,memiliki keterampilan motorik yang lebih baik, koordinasi, kekuatan otot meningkat, dan rasa keseimbangan.
  • Mendapatkan pemandangan yang lebih baik ! Bayi yang didorong di stroller atau car seats hanya melihat dunia sebatas dengkul orang dewasa.
  • Menjadi Cepat Mandiri! Membuat mereka lebih percaya diri dan sedikit cengeng.
  • Tidur Lebih Baik! Mereka lebih cepat tertidur dan tidur untuk waktu yang cukup lama.
  • Belajar Lebih Banyak! Tidak terlalu bereaksi , namun tenang dan waspada, mengamati dunia di sekitar mereka.

Pastikan gendongan yang Anda pilih memenuhi kriteria-kriteria berikut di bawah ini:
  • Aman. Bentuk dan ukuran sesuai ukuran tubuh bayi Anda sehingga dapat menampung seluruh tubuhnya serta tidak membuatnya tenggelam di dalamnya. Bila dilengkapi dengan pengatur panjang dan pendek, pilih yang mengunci dengan kuat.
  • Nyaman, untuk Anda maupun bayi. Pilih gendongan yang mampu membagi bobot bayi pada pinggang dan bahu Anda, bukan pada punggung dan leher karena akan membuat Anda cepat pegal.
  • Multifungsi. Bisa menggendong bayi dalam posisi berbeda. Bayi rewel karena bosan dengan pandangan yang terbatas. Pilih juga gendongan yang dapat digunakan dari mulai lahir hingga bayi berumur 2 tahun.
  • Mudah dipakai, baik saat mau menggendong, maupun ketika hendak meletakkan bayi Anda di tempat tidur.
  • Mudah ketika menyusui.

Ada ratusan merek gendongan bayi yang beredar di pasaran dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenisnya. Semoga panduan ini dapat membantu Anda para ibu muda untuk mengenal jenis gendongan bayi dan menentukan yang terbaik bagi Anda dan bayi.

Gendongan Bayi model Sling
Ingat gendongan batik yang digunakan ibu kita? Gendongan Bayi model Sling adalah salah satu gendongan terbaik untuk menyusui khususnya bagi bayi yang baru lahir. Ibu dapat mengatur agar bayi mendapatkan latch on di posisi yang Anda suka sebelum menarik/mengencangkan tali gendongan.
Gendongan Bayi model Sling sangat cocok bagi ibu yang baru melahirkan hingga anak umur 3 tahun. Kekurangannya, karena di gendong menyamping, maka berat bayi bertumpu pada satu pundak, sehingga melelahkan untuk pemakaian dalam waktu lama.

Gendongan Bayi model Depan/Front Pack
Ini adalah salah satu gendongan yang mudah dan praktis karena dilengkapi dengan sabuk dan clasp. Pada saat digendong depan, bayi bisa menghadap ke luar maupun ke pengasuh. Sangat nyaman bagi bayi karena desainnya mampu menyangga bayi menghadap keluar, maupun ke penggendong. Nyaman juga bagi penggendong, karena berat bayi bertumpu pada kedua bahu penggendong.
Meskipun dapat dipakai untuk bayi yang baru lahir tapi tidak disarankan untuk dipraktekkan sampai otot leher bayi kuat untuk menopang kepalanya sendiri. Sebab bayi akan berada di posisi depan dengan menghadap ke depan atau ke belakang (kanguru) dengan gendongan yang melingkar seimbang pada bahu si penggendong gendongan jenis ini biasanya dapat digunakan sampai bayi berusia 1 sampai 2 tahun.
Paling oke untuk jalan-jalan dengan sang buah hati.

Gendongan di belakang (back pack)
Biasanya gendongan bayi untuk balita yang yang sudah besar. Gendongan ini akan memposisikan bayi berada di punggung si penggendong dan dapat digunakan dari bayi berusia 1 sampai 5 tahun. Paling oke untuk aktifitas sehari-hari, jalan-jalan, hiking, bersepeda, dll.

Gendongan Bayi model Wraps
Wrap ini berupa potongan kain panjang untuk membungkus tubuh pengasuh dan bayi dengan nyaman. Ada dua jenis kain, yaitu stretchy [melar] dan woven. Konon, berdasarkan cerita pengalaman ibu-ibu di forum, menggendong dengan wrap membuat bayi cepat tertidur. Berat bayi terbagi secara merata, sehingga Anda akan nyaman memakainya walaupun untuk waktu lama dan untuk bayi yang berat. Cocok bagi yang masih menyusui dan memiliki banyak variasi posisi menggendong.

0 komentar:

Posting Komentar